Speedometer; pencatat, alat ukur kecepatan, adalah alat yang dapat menghitung nilai kecepatan berdasarkan satuan waktu. Nilai yang umum dipakai untuk kendaraan darat adalah kilometer per jam, atau mil per jam.
Speedometer yang terpasang di kendararaan bukan alat ukur kecepatan yang akurat, tetapi adalah alat ukur kecepatan yang berfungsi sebagai indikator keselamatan
Pada kondisi jalan atau situasi tertentu disyaratkan kecepatan maksimal, karena hal tersebut, maka speedometer selalu menunjukkan kecepatan lebih tinggi dari kecepatan sesungguhnya, toleransi ke arah kecepatan lebih tinggi (akan menurunkan ongkos produksi karena tidak usah akurat, boleh meleset Max 10%) jadi jangan gunakan speedometer untuk mengukur kemampuan kecepatan sepedamotor.
Pakai tachometer (penunjuk kecepatan putaran mesin) untuk mengukur kecepatan sepedamotor yang akurat, prinsip kerjanya menghitung jarak tempuh roda belakang (keliling roda belakang) dikali putaran roda belakang yang berhubungan dengan putaran mesin.
Berikut ini cara menghitung kecepatan sepedamotor dengan tachometer
– Ukur keliling tapak roda belakang (tidak masalah walaupun ban sudah aus atau ganti ukuran)
posisikan pentil pada jam 6, beri tanda ke-1 di lantai/jalan, dorong sepedamotor sampai posisi pentil kembali ke posisi jam 6, beri tanda ke-2, ukur jarak antara tanda ke-1 dan ke-2; gunakan satuan cm kemudian konversi ke kilometer.
Misal didapat jarak antara tanda ke-1 dan ke-2 (keliling roda) = 180 cm = 0,00180 Km
– Hitung Rasio Putaran Mesin dengan Putaran Roda Belakang / Total Reduction Ratio (karena putaran roda belakang tidak secepat putaran mesin).
Z2/Z1 Primary Reduction – Gigi pada crankshaft dengan gigi pada rumah kopling.
Z4/Z3 Transmission Gear – Pilih perbandingan posisi gigi tertinggi untuk menghitung top speed.
Z6/Z5 Secondary Reduction – Jumlah mata/gigi Sprocket belakang dibagi sprocket depan.
Zx = x, angka ganjil = poros pemutar, angka genap = poros diputar
– Rumus Total Reduksi Rasio TRR = Z2/Z1 x Z4/Z3 x Z6/Z5
Contoh:
Putaran mesin yang dibaca oleh tachometer = 10.500 rpm = 630.000 putaran per jam (10.500 x 60 menit)
Keliling roda belakang = 180 cm = 0,00180 Km
TRR = 8,497
Primary Reduction = 72/22
Transmission Gear = 19/22 (top gear, gigi ke-6)
Secondary Reduction = 42/14
Jadi awal 630.000 putaran di mesin per jam tinggal menjadi 74.298,246 putaran di roda per jam (630.000 / 8,497).
Tinggal dikalikan dengan keliling roda belakang:
74.298,246 x 0,00180 = 133,737 km/jam
Selamat berhitung kecepatan maksimum sepedamotor anda berdasarkan putaran mesinnya.
Makanya sepedamotor balap ukuran tachometer lebih besar dari speedometer 😀
PERHATIAN: JALAN RAYA UMUM BUKAN TEMPAT MENCOBA KECEPATAN MAKSIMAL SEPEDAMOTOR
salam bengkelsepedamotor
Itu spec ninjaRR kan,
Berarti ninjaRR pada rpm 10500 bisa melaju 133.737kmh
Sebagai perbandingan saya pernah coba pulsar200 pada 5000rpm, di gps garmin tercatat 65kmh.
Misal dipacu pada 10500rpm harusnya bisa melaju 136.5kmh
cmiiw
@Imam
mas,pengertian keliling roda itu seperti apa ya?
tachometer biasanya ambil dari mana?
terima kasih
Rodok ruwet ki 😀
mumet aku. tachometer kan buat ngukur RPM ya. nah cara kerja buat RPM gimana?
ditinggal ngitung speed,ono tronton liwat ra weruh..
gimana pengaruh kopling?
untuk motor otomatis ( kopling maupun perseneleng ) gimana ??? apakah rumus masih bisa dipake
apakah mungkin bisa terjadi RPM terus naik tapi topspeed udah mentok ???
ealah,ngitungnya dirumah to? Yo wis,ngerti aku(carane ngitung)..
ning ndelok rumuse,..mumet aku!!!
motor matic gimana ?
semakin besar keliling roda top speed semakin besar, jadi kalo pake ban ring 18 top speed lebih gede dari ring 17?
Kalaw v ixion gant! R!ng velk yang leb!h bsar brart! Akan menambah top speed gak bro….? Cm!!w
kudu pelan2 mbacanya nih . . .gak bisa di dalam KRL kayak sekarang xixixixixi
banyakan ilmu matematikanya nih
walaaagh… abs revoku ndak ada tachometernya….
Kalok rantainya bisa pengaruh kaga yah?? Masih binun bacanya…
bro,
apakah penggantian gear belakang dg ukuran yg lebih kecil fungsinya sama dengan penggantian gear depan yg ukuranya lebih besar?
kalo menurut ane, boleh-boleh saja tes top speed dijalan raya, asal….jalanannya sepi (misal kanan-kirinya hutan atau sawah), aspalnya bagus, jalan satu arah dan gunakan safety gear yang lengkap dan tes top speednya bertujuan hanya untuk mengetahui performa maksimal motor (kalo perlu didokumentasikan) he.. …he..he..salam bikers..
gimana dengan posisi di gear 1 s/d (top gear – 1) bro?
kalo rumusan masih sama kan bisa disensing saat ini pake gear berapa,tinggal diumpan hasilnya ke LCD
Oittss Imam,How are you doing?Is dat your bike?
Berarti ini di anggap kopling ga slip 100%?
Spidometer yang cukup ribet untuk di repair oleh mekanik lokal…
Technical spec diatas punya kawasakasi ninja R (ada di websitenya).
Berdasarkan spec tsb diketahui ukuran roda belakang adalah 17-110/80, jadi keliling lingkar roda belakang adalah 161.082 cm atau 0.00161082 km.
dan bila lingkar roda tersebut dikalikan dengan putaran mesin yang sampai diroda belakang (berdasarkan rumus diatas) maka TOP SPEED Ninja R hanya mencapai 119.686 KM/Jam……
Artinya real speed sangat berbeda dengan tampilan speedo meter-nya yang bisa mencapai 160-170 KM/Jam….apakah demikian ?
assalamualaikum ………… salam bikers !!!!!!!!
aq punya motor ninja r ,,,, mau tanya kalau ukuran gear yang mantap buat jarak 1km – 2km harus pake ukuran berapa yach ???????
mkasih ……
Permisi,
semisal kita akan membuat speedometer sendiri, sdah dpat menghitung jarak tempuh,
bagaimna menghitung kecepatanya ?
pembanding waktu dan rumus kecepatan yang tdak stabil bagaimana z ?
Trimaksih .
sy pengguna ninja rr mohon infonya. tau knapa rpm susah sekali turunya, pas di kopling rpm malah naik, dikendorin bru rpm turun. jd yang masalah dimananya ya?
dimohon infonya..
mas itu tachometer variasi khusus beat kah>>
mas mw tanya.. utk ngitung kcepatan saya liat anda ‘ngurut’ dari ban-gir sprocket-transmisi-gir rumah kopling-Gir crankshaft. yang mana gir crankshaft ikut brputar dengan putaran bandul, lagi.. bandul di putar dengan tenaga dari ruang bakar (gtu kan).secra msk akal jg.
yg jdi prtanyaan sya apkah sistem ini juga berlaku pada motor bebek ? (trutama gir crankshaft yg gerakin gir rumah kopling)
ya semua itu sudah benar tinggal dipraktekan saja dilapangan….salam BOTOL MOTOR CIBUBUR JAKARTA
cara kerja takometer bensin gmna bang..???
secara teoritis mmg spt itu,tp dalam kenyataan itu tidak benar alias ngaco! tachometer rpm hanya untuk putaran mesin, kalo untuk putaran roda (kecepatan/km nya) sudah ada sendiri dengan spedometer KM/h. kalo taco rpm digunakan untuk Km/h dgn hasil yg sama itu mustahil karena ada faktor2 kerugian dari “kampas kopling”!. jd hasil perhitungan ini hanya membuang2 waktu saja dan bikin pusink!
syukurlah smg yg punya ninja rr makin melek kl top speednya ga nyampe 150 km/jam atau ninja r malah ga nyampe 140 km/jam
Untuk motor
matic harus
diasumsikan
bahwa:
– Kopling
sentrifugal-nya
tidak selip, 100%
putaran mesin
diteruskan ke ban
belakang.
– Rasio V-belt
pada top speed
adalah 1:1
Tinggal hitung
reduksi putaran di
final gear (gigi
yang
menggunakan
pelumas gear oil),
hanya disini
putaran mesin
berkurang (dibagi)
menjadi putaran
roda belakang,
jangan lupa ukur
keliling roda
belakangnya
(biasanya lebih
kecil).
Terimakasih,
yamaha lexam
ratio vbelt ycat: 0.874
ratio final drive: 2.46 (37/15)
kel ban : 0.00180km
rpm :8000rpm (8000×60 jd 480000 rph)
top speed : ( 480000 / (0.874 x 2.46) )x 0.00180
= (480000/2.150)x0.00180
= 223255.81×0.00180
= 401.86 km/jam what!!!
yamaha lexam
ratio vbelt ycat: 0.874
ratio final drive: 2.46 (37/15)
kel ban : 0.00180km
rpm :8000rpm (8000×60 jd 480000 rph)
Ngitungnya sudah bener, tapi data dan faktor reduksi gear dalam mesin belum dihitung,
Ratio gear diantara vbelt dan final drive yaitu:
TK115C LEXAM 15C-E6110-00 PRIMARY DRIVE GEAR ASSY (saya tidak tahu jumlah giginya, pasti lebih kecil dari 37T)
TK115C LEXAM 40D-E6151-00 GEAR, PRIMARY DRIVEN (37T)
TK115C LEXAM 40D-E7411-00 AXLE, MAIN (12T)
TK115C LEXAM 40D-E7421-00 AXLE, DRIVE (31T)
Kalau saya misalkan Primary Drive Gear = 25T akan dihasilkan RATIO = 3.82
Top speed YAMAHA LEXAM setelah melewati reduksi gear dalam mesin 401.86 Km/h : 3.82 = 105.11 Km/h pada putaran mesin 8000 rpm
Terimakasih,
Salam,
bengkelsepedamotor
thanks ilmunya 😀
Misi Suhu,,mau tanya nih..motor ninja r 150 bisa di pasang tako meter bensin Ǥå[κ̲̲̲̅]’.?..thnks Уά sebelumnya..
master klo menghitung keliling rodanya pake ukuran ban ky gini bs 140/70-17 M/C ?
klo bs gmn cara nya master
1. spek ninja r series 150
Ban Belakang 110/80-17 57S Tube-type
Maksimum Power 22,1 KW ( 30,1 PS ) / 10.500 RPM
TRR= Drive Rasio Keseluruhan 8,479 @ top gear
Jawab:
Putaran mesin yang dibaca oleh tachometer = 10.500 rpm = 630.000 putaran per jam (10.500 x 60 menit)
TRR = 8,497
Jadi awal 630.000 putaran di mesin per jam tinggal menjadi 74.298,246 putaran di roda per jam (630.000 / 8,497).
Tinggal dikalikan dengan keliling roda belakang:
pj kel roda dari 110/80-17= 80 inc(yg ditgh) = 203 cm=0.00203KM
0,002032 x 74.298,246 =150,974035872 KM / Jam
2.spek kawasaki er6:
Ban Belakang 160 / 60ZR17M / C (69W)
Maksimum Power 53kW (72.1 PS) / 8.500 RPM
Final Reduction Ratio 3.067 (46 / 15)
8500*60 = 510000 / 3,067 =164675,49152.4 cm / 0.001524 KM
164675,49x 0.001524 =250,96 KM / jam
3.spek kawasaki z1000sx atau ninja 1000
Ban Belakang 190/50ZR17M/C (73W)
Maksimum Power 104,5 kW {142 PS}/10.000 rpm
Final Reduction Ratio 2,733
Jawab: 10000 x 60 = 600000 / 2,733
=219538,96 x 0,001270 = 278,814 km / jam
4.spek zx6r
Maximum power 96.4 kW {131 PS} / 13,500 rpm
Tyre, rear 180/55ZR17M/C (73W)
Final reduction ratio 2.688 (43/16)
13500 x 60 = 810000 / 2,688 =301339,29
55 inc =139.7 cm = 0,001397 Km
301339,29 x 0,001397 = 420,97 Km / jam
5.spek zx10r
Maximum power 147.1kW {200.1PS}/13,000rpm
Final reduction ratio 2.294 (39/17)
Tyre, rear 190/55ZR17
13000 x 60 = 780000 : 2,294=340017,43
55 inc =139.7 cm = 0,001397 Km
340017,43x 0,001397 = 475 KM / jam
hitung-hitungan diatas dah bner blm master?
yang terakhir itu kok bs sampe 400 km/j lebih master sdgkan realnya cm dikisaran 260-299 km/j aja master, mhn bimbingannya
sumberdata spesifikasi:
-http://www.kawasaki-motor.co.id/products/category/sport
-http://www.seastarsuperbikes.co.uk/kawasaki-zx636-ninja.html
-http://www.seastarsuperbikes.co.uk/kawasaki-zx10r.html